Saturday 7 February 2015

Mengenal Kapal Nasional (KN) SAR Pacitan - SAR 102


KN SAR Pacitan atau Kapal Negara Sar Pacitan (SAR 102) diresmikan oleh Presiden RI (saat itu) Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam peringatan ulang tahun BASARNAS pada tanggal 5 maret 2014 di Dermaga Pelabuhan Indonesia II Merak, Banten.
Kapal Nasional milik Basarnas ini diberi nama KN Pacitan sesuai dengan kota kelahiran SBY yakni kabupaten Pacitan di Jawa timur. Meski namanya Pacitan, namun setelah diresmikan pangkalan utamanya berada di Kendari, Sulawesi utara.
KN SAR Pacitan milik Basarnas ini berjenis Catamaran bermesin Jerman MAN yang diproduksi
dalam negeri selama dua tahun sejak tahun 2012 dan diserahterimakan pada akhir Desember 2013.
KN SAR Pacitan (SAR 102) ini menggunakan 4 buah mesin, sehingga bisa melaju dengan kecepatan maksimal 29 knot, memiliki stabilitas tinggi dan tahan terhadap cuaca buruk.
Kapal berbahan aluminium ini memiliki panjang 59 meter dan dilengkapi helideck untuk landasan helikopter sejenis BO-105 serta memiliki fasilitas untuk penyelamatan dan pencarian korban dan sistem navigasi dengan camera plear untuk pencarian korban.
Meski tergolong Kapal baru, KN SAR Pacitan juga turut serta dalam mengemban misi kemanusiaan pencarian korban dan fisik pesawat jatuh AirAsia QZ 8501.

Berikut foto-foto KN SAR Pacitan


 





Video KN SAR Pacitan



Diambil dari berbagai sumber.
Share on :
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...