Thursday 2 April 2015

5 lembar Uang Kuno 'Penunggu' Setia Isi Dompet


Jika ane pernah bilang 'lagi gak punya uang' atau 'isi dompet sedang kosong', itu hanyalah kiasan. Karena yang sebenarnya dompet ane gak pernah kosong, selalu ada penunggu setianya. nah, berhubung ane anak yang dilahirin taun 90-an, maka seri uang rupiah kertas yang jadi favorit ane adalah terbitan Bank Indonesia tahun emisi 1992. Dan itu yang selama ini ane simpen (koleksi) di dompet sebagai penunggu setia. Uang-uang ini udah ane kumpulin sejak SMA, sekitar tahun 2007. Karena mulai tahun 2006 uang-uang (tahun emisi 1992) tersebut sudah mulai ditarik dari peredarannya.
Berikut ini adalah ke 5 lembar uang kertas yang ane koleksi tersebut :


1. Uang Kertas Nominal 100 Rupiah tahun 1992


Gambar Depan - PERAHU PINISI

Gambar Belakang - ANAK GUNUNG KRAKATAU

2. Uang Kertas Nominal 500 Rupiah tahun 1992


Gambar Depan - ORANG UTAN

Gambar Belakang - RUMAH ADAT KALIMANTAN TIMUR

3. Uang Kertas Nominal 1000 Rupiah tahun 1992


Gambar Depan - DANAU TOBA

Gambar Belakang - LOMPAT BATU PULAU NIAS

4. Uang Kertas Nominal 5000 Rupiah tahun 1992


Gambar Depan - SASANDO ROTE

Gambar Belakang - DANAU KELIMUTU

5. Uang Kertas Nominal 10000 Rupiah tahun 1992


Gambar Depan - SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO IX

Gambar Belakang - CANDI BOROBUDUR

Berhubung uang tersebut uang kuno, jadi sudah tidak bisa lagi digunakan sebagai alat tukar yang sah (transaksi) di saat sekarang).. ya hanya sebagai koleksi aja. Meskipun nilai nominalnya tertera jelas dari 100 rupiah hingga 10000 rupiah, namun nilai riil dari uang tersebut sudah tidak ada. Selain itu, uang kertas memiliki nilai intrinsik yang juga sangat minim, berbeda dengan uang koin yang terbuat dari logam yang nilai intrinsiknya selalu mengikuti sesuai nilai jenis logamnya. Akan tetapi, suatu benda/barang yang dianggap unik, kuno dan langka biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding nilai nominal. Meski demikian, ane gak berniat buat jual uang tersebut. Kan niatnya cuman buat koleksi, supaya mengingatkan kembali kalo dulu pernah ada uang yang demikian serta membandingkan dengan nominal uang tersebut pada jamannya bisa digunakkan untuk apa.
***
Sebenarnya koleksi ane tidak cuma uang kertas aja, banyak juga yang uang koin. Cuman, kalo uang koin kan susah kalo harus ditaruh di dompet, jadi biasanya ane kumpulin di botol. Lumayan juga bisa buat jaga-jaga kalo udah kepepet gak ada uang lain.. nih artikelnya -> Recehan dan Anak Kos.

Share on :
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...