Thursday 25 September 2014

Pantai-pantai di Pacitan (wilayah barat)


Pacitan memang terkenal dengan julukan "Kota 1001 Goa", akan tetapi Pacitan juga memiliki destinasi pantai yang cukup banyak dan tak kalah menarik dari goa. Hal ini dikarenakan wilayah pacitan berada di pesisir selatan  pulau jawa yang langsung berbatasan dengan samudera hindia, sehingga banyak pantai-pantai di pacitan yang  memiliki karakter ombak besar, berpasir putih dan berkarang. Berikut ini adalah daftar pantai-pantai yang ada di pacitan (yg pernah ane kunjungi) mulai dari ujung barat.

1. Pantai Kijingan

Pantai Kijingan ini berada di kecamatan donorojo. Sebenarnya pantai yang paling barat adalah nampu, tapi karena berbatasan langsung dengan wilayah wonogiri dan dikelola daerah tersebut. maka pantai ini menjadi pantai paling barat di pacitan. Namanya memang terkesan mistis "kijingan", namun kealamian pantai ini dengan pasir putihnya membuat mata terpesona. Meski demikian harus waspada jika berada di pantai ini, selain panas, ombak besar terkadang datang secara tiba-tiba. Dan untuk masuk ke pantai yang masih alami dan sepi pengunjung ini masih gratis,karena belum ada pengelola. Saat ini warga sekitar secara swadaya membangun akses jalan turun ke pantai.
Hihihihi...

Hihihihi...

2. Pantai Banyu Tibo

Tepat di sebelah timur pantai kijingan terdapat pantai yang unik. Sesuai dengan namanya "banyu tibo", pantai ini memiliki air terjun mini yang berasal dari aliran sungai kecil di atasnya. Pengunjung dapat turun ke air terjun melalui tangga bambu, dan tidak perlu khawatir karena ada petugas penjaga pantai yang mengawasi di bawah. Pantai mungil ini mulai ramai dikunjungi setelah foto-fotonya banyak diunggah di media sosial. Sehingga sekarang di sekitarnya banyak berdiri warung-warung. fasilitas seperti MCK sudah disediakan. Kendaraan roda 4 bisa masuk tapi harus bergantian jika ada yang keluar, karena jalurnya hanya cukup untuk satu badan mobil. sayangnya keberadaan tempat parkir dan warung-warung terlalu dekat dengan areal pantai sehingga mengurangi keindahan dan kealamian view landscape pantai ini.
Hihihihi...

Hihihihi...

Hihihihi...

3. Pantai Buyutan

Pantai ini terletak bersebelahan dengan pantai banyu tibo, tepatnya masih berada di desa widoro kecamatan donorojo. Akses jalan menuju lokasi ini sudah berupa jalan aspal, setelah itu anda akan melewati areal persawahan yang cukup luas dengan jalan sebagian rabatan dan sebagian lagi masih tanah, jadi kalau musim hujan sedikit berlumpur. Pantainya berada dibawah tebing setelah areal persawahan tersebut kini sudah bisa dilalui sampai ke bibir pantai dengan kendaraan roda dua. Yang menarik dari pantai ini adalah hamparan pasir putih yang luas serta ada banyak bebatuan di laut yang pas untuk dijadikan sebagai objek maupun background foto, salah satu batu tersebut berbentuk seperti mahkota dewa. kawasan pantai yang relatif masih sepi ini cocok digunakan camping bagi yang menginginkan suasana alam nan damai karena jauh dari pemukiman warga.

Hihihihi...

Hihihihi...

4. Pantai Klayar

Pantai klayar memiliki panorama yang mempesona dan merupakan surga bagi para fotografer landscape. Kunjungan Presiden SBY disela-sela agendanya pulang kampung yang diberitakan di berbagai media beberapa waktu lalu membuat pantai dengan ciri khas seruling samudra dan batu mirip sphinx ini kian populer. Bahkan Telkom Indonesia juga membuat iklan televisi dengan mengambil latar pantai klayar ini. Ketenaran pantai ini membuat kunjungan wisata khususnya pada akhir pekan dan hari-hari libur sangat ramai. Selain akses jalan ke lokasi tergolong mudah, fasilitas penunjang juga disediakan bagi pengunjung seperti mushola, mck, warung makan dan oleh-oleh, gazebo, dan sekarang ada juga penyewaan motor ATV untuk bermain seru-seruan mengelilingi pantai. Di sini pengunjung dilarang berenang karena ombaknya sangat ganas. Untuk masuk ke area seruling samudera, pengunjung harus didampingi oleh petugas penjaga.
Hihihihi...

Hihihihi...

Hihihihi...

Hihihihi...

Hihihihi...


5. Pantai Ngiroboyo

Belum banyak yang tahu dengan pantai ngiroboyo,letaknya berada di desa sendang kecamatan donorojo, pantai ini memiliki pasir yang gelap nan eksotis berbeda dengan pantai-pantai di sekitarnya.  Jalan menuju pantai ini lumayan melelahkan berupa jalan makadam naik turun perbukitan. Di sisi kiri(timur) pantai terdapat aliran sungai maron yang jernih. Sungai tersebut dapat dijadikan alternatif wisata menyusuri sungai menggunakan perahu nelayan yang disewakan. Selain itu bisa juga sebagai alternatif masuk pantai melalui hulu sungai yang ada di desa dersono kecamatan pringkuku. Tiap tahun biasanya diadakan event festival lomba dayung dengan perahu mancung di sungai tersebut sebagai sarana promosi wisata.

Hihihihi...

Hihihihi...

Hihihihi...

6. Pantai Watu Karung

Pantai yang satu ini namanya sudah dikenal luas sampai manca negara, namanya "watukarung" sesuai dengan nama desanya. Ombak berkelas dunia menjadi daya tarik turis untuk datang menjajal tantangan berselancar di antara pulau-pulau karang. Bagi wisatawan yang ingin menginap, banyak homestay atau penginapan mulai harga puluhan ribu hingga jutaan permalam ada, tapi bagi para backpacker yang ingin mendirikan tenda juga bisa dan tentunnya lebih seru (greget). Pantai yang berpasir putih ini terlihat sangat bersih dan terawat, sehingga wisatawan sangat nyaman bermain-main di pasir dan berjemur. Jika beruntung (tidak mendung), di sini wisatawan dapat menikmati sunset yang sangat indah.
Hihihihi...

Hihihihi...

7. Pantai Seruni

Tempatnya  yang tersembunyi membuat pantai ini tidak diketahui orang, meski lokasinya bersebelahan dengan pantai watu karung. Untuk menemukan pantai ini harus masuk melewati jalan setapak (galengan) sawah. Pantainya mungil diapit bebukitan kecil, berpasir putih dan saat surut akan terlihat bebatuan karangnya. Sayangnya, saat kesini udah kemaleman karena baru pertama sekaligus masih mencari lokasinya. sehingga tidak sempat melihat sunset yang 'katanya' bagus.


Hihihihi...

8. Pantai Srau

Pantai srau memiliki karakteristik yang hampir sama dengan pantai watukarung, pasir putih (cuma agak kasar) dan bebukitan karang, akan tetapi ombaknya tidak sebagus watukarung. Salah satu spot yang menarik adalah karang bolong, dimana ombak bisa masuk melalui lubang bukit karang tersebut. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah  pertengahan bulan desember, yaitu saat matahari berada di belahan bumi bagian selatan. Anda dapat menikmati keindahan sunrise maupun sunset di pantai ini. Sunrise dapat dilihat dari bukit karang yang paling menjorok ke laut, biasanya jadi tempat para pemancing. Sedangkan untuk melihat sunset adalah pantai bagian yang (menghadap) sebelah barat yang kerap dijadikan tempat rukyat untuk melihat hilal. Jadi, camping di sini sangat recommended karena anda bisa melihat dua fenomena alam sekaligus. Jangan khawatir, air bersih akan tercukupi disini. Keberadaan pepohonan kelapa yang tumbuh rimbun di bibir pantai juga menambah nuansa kesejukan yang seolah menjadi antitesa dari kesan pantai yang panas.
Hihihihi...

Hihihihi...

Hihihihi...

Hihihihi...

9. Pantai Patuk/Ngandan

Katanya sih namanya pantai patuk, tapi orang-orang di sana (desa poko, kecamatan pringkuku) menyebutnya pantai ngandan. Hal ini dikarenakan untuk turun kepantai yang sangat kecil tersebut menggunakan ondo (dalam bahasa jawa) yang berarti tangga, itupun hanya bisa turun ketika surun menjelang sore hari. Tempatnya sangat jauh dari pemukiman, hanya pencari rumput dan pemancing yang datang kesini. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, tapi jalannya sangat sulit banyak-rumput liar yang tinggi-tinggi di sepanjang jalan. Jadi jika pernah kesini anda termasuk orang yang beruntung, karena bisa menikmati keindahan ciptaan tuhan yang masih sangat jarang terjamah manusia.

Hihihihi...

Hihihihi...

10. Pantai Tugur Agung

Berada tidak jauh dari kota tepatnya di desa dadapan kecamatan pringkuku, pantai tuguragung tergolong jarang dikunjungi. Masuk melalui jalan gang di sebelah monumen Tumpak Rinjing, tapi jangan sampai salah jalan karena minim petunjuk arah. Jika belum pernah, lebih baik bertanya warga sekitar agar tidak kesasar ke lapangan tembak yang tidak jauh dari lokasi. Pantai ini berada jauh di bawah tebing, sehingga kendaraan bisa diparkir (dititipkan) di halaman rumah warga kemudian melanjutkan berjalan kaki sekitar 30menit. Kelelahan menuruni tebing akan terbayarkan ketika sampai di bawah melihat kemolekan pantai yang masih perawan ini. Pantai ini bentuknya memanjang tetapi sempit, jadi tidak terlihat (tersembunyi) kalau dari atas tebing. Bebatuan karang yang tersebar di pantai menjadi pemandangan yang menarik. Apalagi di sore hari dengan matahari yang mulai rendah dan warna langit berubah seperti aurora yang sangat menakjubkan.
Hihihihi...

Hihihihi...

***
Gimana para traveller, udah pernah maen ke pantai-pantai tersebut di atas? Jangan lupa tetap menjaga kebersihan demi keindahan dan kelestarian alam pantai kita ya.. Selain itu, taati peraturan seperti larangan berenang demi keselamatan dan kenyamanan selama berwisata.
Masih banyak lho pantai-pantai di pacitan yang berada di wilayah timur.. Tunggu artikel selanjutnya ya.. Coming Soon!
#PacitanParadiseOfJava
Share on :
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...