Sunday 28 September 2014

Tau Nggak Ada Berapa Traffic Light di Kota Pacitan?


Traffic Light a.k.a. lampu lalu lintas alias lampu bangjo menurut UU no. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya. Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar-arus yang ada. 
Lampu ini menggunakan warna yang diakui secara universal untuk menandakan berhenti adalah warna merah, hati-hati yang ditandai dengan warna kuning, dan hijau yang berarti dapat berjalan.
Fungsi lampu lalu lintas antara lain:
  • Menghindari hambatan karena adanya perbedaan arus jalan bagi pergerakan kendaraan.
  • Memfasilitasi persimpangan antara jalan utama untuk kendaraan dan pejalan kaki dengan jalan sekunder sehingga kelancaran arus lalu lintas dapat terjamin.
  • Mengurangi tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh tabrakan karena perbedaan arus jalan.
Nah, sistem lampu lalu lintas ini telah diadopsi oleh berbagai kota di dunia, termasuk Pacitan. Meskipun tergolong kota kecil, tapi tetap memiliki lampu lalu lintas. Tahu kan jumlahnya ada berapa dan dimana aja? Ternyata di pacitan kota terdapat 11 (sebelas) traffic light atau disingkat TL yang tersebar di tempat-tempat berikut ini:

1. TL Halte Semanten

belok kiri jalan terus. biasanya juga gitu, yang laen juga..

2. TL Bunderan Tanjungsari

sabar pak, nyebrang di zebra cross juga perlu liat lampu TL keles.. g boleh nyelonong

3. TL Penceng

perempatan dg tingkat kepatuhan tertinggi thd rambu lalu lintas. tau kenapa?

4. TL Apotik Pacitan

 
maaf curi start. buru-buru

5. TL Masjid Baleharjo

mumpung sepi gan.. kalem aja, lanjut teruss..

6. TL Alijah

malu ah kalo gak tertib lewat depan rumah SBY

7. TL Cuik

bagus lampu merah berhenti. tapi helmnya kemana neng? taat koq setengah2

8. TL Pabrik Rokok Sidoharjo

motor baru nih, pake ngreyen ma anak.. plat nomor ma helm nunggu lunas.. hehe

9. TL Bapangan

untung pake sepeda ontel. bisa bebas hambatan.. wush.

10. TL Pucangsewu

antara ada dan tiada. hidup aja gak digubris apalagi mati.

11. TL Mentoro

 
sumpah, ini TL bikin galau. kasih kepastian donk, merah ato hijau.
***
Kira-kira masih ada TL lagi yang belum disebutin kah? setahu ane sih cuma ini..
Ternyata dengan melihat kondisi di traffic light, masih banyak permasalah dalam lalu lintas di kota kita ini. Kurangnya kesadaran masyarakat (faktor mendasar) akan pentingnya tertib berlalu lintas terlihat masih kurang, apalagi dengan minimnya pengawasan sebagai tindakan pencegahan. Hal ini karena maindset sebagian masyarakat yang lebih takut kena tilang dari pada alasan menjaga keselamatan diri sendiri. Keberadaan fasilitas traffic light yang kurang diperhatikan (sering tidak berfungsi sebagaimana mestinya) juga bisa jadi memperparah kebiasaan tidak taat tersebut. Sehingga fakta yang ditemukan di lapangan kebanyakan traffic light di pacitan tidak ubahnya (dianggap) seperti sebuah hiasan jalan. Gimana nih pak Polantas dan pak Dishub.? Mohon diperhatikan ya..
Bagi para pengguna jalan raya, dihimbau untuk "Patuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan, jadilah pelopor keselamatan dalam berlalulintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.", seperti kata mbak-mbak polwan cantik yang sering nongol di tipi. [ɯɐɯn]
Share on :
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...