Thursday 5 March 2015

Berada di Pondokan Gunung Welirang - Arjuno, Serasa Ada di Film The Hobbit

Bagi kalangan pendaki gunung yang udah pernah mendaki gunung welirang atau arjuno pasti tidak asing dengan yang namanya 'Pondokan'. Karena lokasinya berada di jalur pendakian sekaligus persimpangan jalur menuju kedua puncak gunung tersebut apabila mendaki melalui pos pendakian tretes. Dinamakan pondokan karena tempat ini dipakai menginap atau sebagai tempat tinggal sementara oleh para penambang belirang. Di lokasi ini juga biasanya para pendaki beristirahat dan bermalam mendirikan tenda disekitar pondokan sebelum keesokan harinya melanjutkan perjalanan ke puncak. Mereka (para pendaki) memilih lokasi ini dikarenakan di tempat ini (pondokan) terdapat aliran mata air yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan mereka seperti air minum dan memasak termasuk bersuci atau membersihkan diri.
gubug penambang belerang arjuno welirang - zonapetualang.wordpress.com
Pondokan merupakan semacam komplek bangunan tempat tinggal yang ramah lingkungan, yang terdiri dari gubuk-gubuk kecil dengan desain unik nan sederhana berbentuk segitiga seperti tenda dengan kerangka kayu serta atap dan dindingnya terbuat dari jerami. Bangunannya yang pendek serta dikelilingi oleh rerumputan yang lebat, membuat sebagian gubuk ditumbuhi rumput yang merambat pada dinding dan atapnya.
Ketika kita berada di sana seolah imajinasi kita terbawa ke dalam suasana film fantasi 'the hobbit'. Dimana, dalam film tersebut ada rumah yang mirip seperti gubuk di pondokan, namanya hobbiton tempat tinggalnya Bilbo Baggins. Film the hobbit sendiri mengambil setting di negara New Zealand yang merupakan kampung halaman produser film tersebut, Peter Jackson.

Cuplikan Adegan Film The Hobbit - onthespot-7.blogspot.com
Bagi saya, Pondokan adalah sebuah bangunan epic yang menyimpan kisah perjuangan para penambang belerang dengan berjuta cerita dari para pendaki yang turut terselip di dalamnya .
Semoga bangunan ini tetap lestari dan tak tergerus zaman, serta tak terkotori sampah-sampah warisan pengunjung yang tak peduli dengan lingkungan yang asri.
Hobbiton versi Indonesia
Pesan buat para travelers, Ngapain jauh-jauh ke new zealand, kalo di Indonesia juga ada 'rumah the hobbit'. #VisitIndonesia #WonderfullIndonesia #IndonesiaBagus
Share on :
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...