Wednesday 10 April 2013

Puzzle IQ (tak sesederhana penampakannya)

soma cube 3x3x3
Ada yang sudah tahu gambar di samping apa?
jika dilihat dari bentuknya seperti kubus atau balok dan terbuat dari kayu. Lalu kira-kira buat apa ya? Yups, gambar yg dimaksud adalah mainan. lebih tepatnya disebut "Soma Cube" sebuah permainan -melatih- otak. Tapi ini bukan rubik lho,, cara kerjanya beda.
"Soma cube sendiri diciptakan oleh Piet Hein (Denmark) pada tahun 1933. Terdiri dari tujuh buah unit dengan bentuk berbeda-beda yang harus dirakit menjadi sebuah kubus 3x3x3Potongan-potongan ini juga dapat digunakan untuk membuat berbagai bentuk 3D lainnya" (wikipedia)

Sore kemarin, 9 April 2013 yang kebetulan Malang sedang hujan, saya dan kawan saya (menyengaja) terdampar di Islamic Book Fair di Aula Skodam V Brawijaya. Entah kenapa, hampir tiap kali acara ini diadakan selalu saja tergoda untuk datang meski sekedar cuci mata pada ribuan buku yang (mungkin) sedang berdoa dan harap-harap cemas menanti para kutu buku atau pemburu yang haus ilmu untuk mengadopsinya.
Dan, kali ini saya justru tak tergoda oleh buku-buku itu. Ada satu stand (di antara beberapa stand di luar yang selain memamerkan koleksi buku) yang menurut saya menarik. Awalnya saya diberitahu kawan saya tentang stand tersebut yang pada waktu itu sedang dikerumuni beberapa anak muda yang sedang mencoba produk yang dipamerkan. Oleh karenanya kami hanya sekedar lewat (sambil melirik penasaran) menuju stand-stand selanjutnya.
Malam seolah lebih cepat datang karena situasi masih hujan dengan mendung pekat sampai waktu maghrib tiba. Sehingga  kami memutuskan untuk sholat maghrib skalian di TKP, baru setelahnya pulang sambil menunggu hujan reda.
Sebelum pulang, kami sempatkan mampir ke stand yang tadi awal kami lewati. Dan di sana ternyata masih saja ramai. Setelah agak longgar, kami coba mendekat, dan pemilik stand tersebut (Pak Eko) dengan sangat ramah mempersilahkan mencoba permainan yang dipamerkan. Ya, stand tersebut menjual kerajinan home industri dengan bahan baku kayu jati. Tetapi ini bukan kerajinan sembarangan, fokusnya pada peralatan games untuk semua kalangan umur dengan bentuk beragam (meski didominasi puzzle) yang mengandung nilai edukatif,dengan berbagai macam fungsi diantaranya kebutuhan akan pengendalian emosi, sosialisasi, bahasa, penalaran, mempertajam pengamatan (visual), problem solving.
Di stand tersebut memang pengunjung diperbolehkan mencoba games yang dipamerkan meskipun tidak membeli. Kami mencoba beberapa games di sana, ternyata menyelesaikannya tak sesederhana bentuknya, butuh konsentrasi dan kesabaran. Dan Alhamdulillah saya mampu menyelesaikan walaupun masih yang level dasar. Lumayan lah untuk percobaan pertama seumur-umur dan berhasil.(hehehe..) Hanya saja yang akhirnya saya bawa pulang cuma dua jenis ini, soma cube dan Pentomino. Nih penampakannya :
pentomino

Sesampainya di kontrakan saya coba cari Fans Page di FB dan ketemu -->  puzzle IQ  di https://www.facebook.com/eko.witono. Dan kurang lebih gambaran umum dari Puzzle IQ milik Pak Eko Witono ini adalah sbb:
Puzzle IQ atau Puzzle Educational Thinking merupakan salah satu Educational Equipment yang memilki peran serta fungsi mengasah Kesabaran, Ketekunan, Ketelatenan, dan Ketelitian (S1T3 dibaca SITE = Sabar, Tekun, Telaten, dan Teliti), di mana keempatnya merupakan faktor dominan dalam meningkatkan kualitas Emotional Question (Otak Kanan) yang selanjutnya dapat menstimulus pertumbuhan dan perkembangan potensi Integential Question (Otak Kiri). Sehingga aspek kreatifitas dan kemampuan endurance pada saat menghadapi suatu masalah dapat berfungsi baik untuk menemukan dan memformulasikan solusi yang cerdas dan brilian to solve problem.
Ada yang tertarik dengan games yang satu ini? silahkan browsing/googling internet atau kunjungi link tsb.
RT @mamu_mam: Bagi saya ini adalah Mahakarya dalam tampilan sederhana yang tak pernah bosan untuk dimainkan di tengah arus game modern & game online. #AntiMainstream
Semoga bermaanfaat dan selamat mencoba bagi yang sudah punya (bagi yang belum silahkan beli atau pinjem). heuheuheu...
-ɯɐɯn 180° -

Share on :
3 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
  1. sipp.. ijin repost gan..

    ReplyDelete
  2. mongo gan.
    cuman ni alur karangane rada ruwet. moga intinya nangkep.

    ReplyDelete
  3. Kelihatannya menarik nih... Rencana mau Nonotn Edcoustic pas tanggal 12-nya. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...