Sunday 29 March 2015

5 Kota Di Indonesia ini Punya Bus Tingkat Wisata. Di Mana Sajakah?

Berikut ini adalah nama-nama bus tingkat yang di miliki oleh 5 kota-kota besar yang ada di Indonesia : 


1. WERKUDARA - SOLO



Bus werkudara beroperasi sejak 1 April 2011, bus tingkat ini ditawarkan kepada wisatawan yang ingin berkeliling kota solo. Dikelola dan dioperasikan sepenuhnya oleh Dinas Perhubungan Kota Solo. Werkudara beroperasi pada Sabtu-Minggu dan hari-hari libur dengan tiga pilihan jadwal trip, pukul 09.00, 12.00 dan 15.00. Harga tiketnya hanya Rp 20.000,00 per orang. Namun jika ingin sewa penuh, maka dikenai tarif sebesar Rp800.000. Kapasitas bis total 52 tempat duduk di dek bawah dan atas. Dek bawahnya dilengkapi dengan pendingin udara dan dek atasnya setengah terbuka.
Kecepatan rata-rata bis 30 km/jam. Satu kali trip menempuh jarak 27 km dalam 2 sampai 2,5 jam perjalanan. Bis akan berhenti di depan patung Slamet Riyadi, Gladak selama 10 menit dan di halte depan Kebun Binatang Solo, Jurug. Di Jurug, penumpang di-rolling. Penumpang yang duduk di dek bawah pindah ke dek atas dan sebaliknya. Tur keliling kota Solo berawal dan berakhir di halaman kantor Dinas Perhubungan Kota Solo di Manahan.


2. BANDROS - BANDUNG



Bandros merupakan kepanjangan dari Bandung Tour On Bus ini disediakan oleh pemerintah kota bandung bagi wisatawan yang hendak keliling kota bandung. bus ini diresmikan oleh walikota bandung Ridwan Kamil pada tahun 2014 lalu. Bandros ada 2 jenis, yakni bandros merah dengan kapasitas 40 tempat duduk dan bandros kuning yang memiliki kapasitas 50 tempat duduk.
Kelebihan dari bus ini adalah adanya fasilitas GPS, sehingga wisatawan dapat mengetahui posisinya sedang berada di mana.
Bandros beroperasi setiap hari, kecuali jum'at. Dalam 1 hari maksimal 8 rit mulai pukul 08.00. dengan waktu yang dibutuhkan per 1 rit kurang lebih 60-90 menit, tergantung situasi jalan yang dilalui.
Jalur/rute yang dilalui bandros adalah : alun-alun - banceuy - braga - lembong - sunda - banda - diponegoro - dago - merdeka - tambolang - asia afrika - otista - kepatihan - alun-alun.
Bagi penumpang mulai anak-anak hingga dewasa dikenakan donasi sebesar 10.000 rupiah. Sedangkan balita dan manula diatas 70th dibebaskan biaya alias gratis. 
Untuk saat ini bus bandros hanya menerima reservasi grup, caranya daftar dan datang langsung ke jl indramayu 66 antapani di hari dan jam kerja, telp 022-61591010. info lebih lengkap kunjungi bandungtourism.com atau twitter @BusBandros


3. MPOK SITI - JAKARTA



Keberadaan Bus City Tour Jakarta yang nama gaulnya dipanggil "Mpok Siti" mengajak masyarakat atau wisatawan mengitari beberapa spot terkenal di Jakarta seperti Museum Gajah, Monas, dan Pasar Baru. Adanya bus city tour ini memberikan masyarakat sebuah atraksi yang dapat dinikmati bersama keluarga sambil mengenal Jakarta tercinta lebih dalam.
Bus City tour Jakarta ini mendapatkan nama gaulnya "Mpok Siti" karena semua pengemudi busnya adalah wanita atau "mpok", sedangkan "siti" merupakan plesetan dari city. Bus ini sudah beroperasi di Jakarta sejak Februari 2014.
Bus ini beroperasi pada jam 09.00-19.00wib untuk hari senin sampai sabtu, dan 12.00-19.00wib pada hari minggu. untuk menikmati mpok siti ini, wisatawan tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis.
Rute mpok siti berjarak 20 km yaitu sarinah - bundaran HI - museum Nasional - halte santa maria - pasar baru - gedung kesenian jakarta - istana merdeka - gereja katedral - masjid istiqlal - monas - balaikota - sarinah. Bus ini tidak berhenti sembarangan, namun hanya pada halte-halte bertanda 'bus city tour' pada rute yang dilewati saja.
Bagi para pengguna & pecinta Mpok Siti Lover, akun twitter @CityTourJakarta ini mungkin bisa di follow untuk berbagi cerita.
 

4. SEMARJAWI - SEMARANG



Bustram Semarjawi adalah sebuah bus pariwisata bertingkat yang dipersembahkan oleh PT Telekomunikasi Selular kepada warga kota Semarang untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di Kota Semarang. Bus pariwisata ini sehari-hari dikelola oleh Lembaga Swaday Masyarakat ERTIM Indonesia yang berkedudukan di Semarang yang juga bertujuan untuk memberikan pendidikan mengenai sejarah kota Semarang kepada penumpang bus ini. Bus pariwisata ini memiliki desain yang unik menyerupai sebuah tram di Eropa. Bus ini memiliki panjang 7,2 m; lebar 1,3 m; dan tinggi 3,7m. Bus yang terdiri dari dua tingkat ini kapasitas penumpang beragam dari 25 sampai 40 orang.
Untuk bisa menikmati bus semarjawi ini caranya gampang. booking dulu tiketnya via website Semarjawi di  http://semarjawi.com/main/ticket. dan untuk melihat cerita keseruan bus semarjawi tersebut bisa dilihat di twitter @semarjawi.

5. MACYTO - MALANG



Terkait Bus Macyto, silahkan baca artikel berikut ini: Nikmati Akhir Pekan Anda Menyusuri Kota Malang dengan Bus Macyto

 ***

Nah, dari ke 5 bus tingkat wisata di atas, mana yang menjadi favorit agan? 
Share on :
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...