Sunday 12 May 2013

Karena Main Catur yang Saling Makan (Bunuh-bunuhan) itu Terlalu Mainstream

Siapa yang tak kenal dengan permainan satu ini.? Yo'i, namanya "catur" gan. Banyak sekali kita temui di tempat-tempat nongkrong misalnya pos ronda dan warung kopi, bahkan rumah atau kos-kosan juga sering tak luput dari keberadaan barang satu ini. Karena saking familiarnya nih permainan, sampai-sampai banyak kejuaraan catur mulai Amatir level RT sampai master (Internasional). Di Indonesia sendiri, catur masuk dalam kategori cabang olahraga di bawah naungan organisasi resmi bernama PERCASI (Persatuan Catur Seluruh Indonesia). Entah kenapa catur termasuk dalam cabang olahraga, padahal kan bukan permainan fisik, melainkan dominan permainan otak. Dalam bermain catur (yang normal) dilakukan sambil duduk santai (tenang) oleh dua orang pemain. Sangat dihindari atau mendekati tidak ada yang namanya suporter fanatik atau semacam cheerleaders yang bersorak-sorak selama pertandingan karena konsentrasi dalam permainan ini sangat menentukan.
***
Biasanya kalau kita main catur peraturannya kan siapa yang bisa makan Raja duluan (Skak Mat), dia yang dianggap menang. Nah, untuk model yang satu ini lain, meski medianya tetap sama, jumlah pionnya juga sama dipakai semua, tapi aturanya beda. Di sini tidak ada istilah makan-memakan, cuma memindah pion dari satu sisi ke sisi yang berlawanan, seperti nampak pada gambar di bawah ini. 
Untuk peraturannya juga sangat mudah. Dalam peraturan pertama pion dapat berpindah (jalan) mengikuti warna (silang) seperti jalannya menteri, tapi cuma satu kotak. Pion yang ada pada jalur(warna)nya dapat digunakan sebagai lompatan dan bisa berulang jika masih ada lompatan berikutnya seperti dalam peraturan kedua. Ilustrasinya dapat dilihat pada gambar di bawah ini. 
Bagaimana, mudah bukan? Jadi, siapa cepat, dia pemenangnya. 
***
Masih menggunakan media yang sama, untuk jenis games yang kedua ini, hanya memerlukan 8 pion untuk memainkannya. Games yang satu ini mirip semacam tantangan untuk satu orang, meski tidak menutup kemungkinan bisa dimainkan dengan bantuan banyak orang untuk menyelesaikannya. Dalam permainan ini, pion tidak berada di atas papan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, itu merupakan tujuan dari permainan ini, yaitu meletakkan ke delapan pion ini di atas papan catur. Dengan syarat: masing-masing pion dalam posisis aman, tidak ada yang sejajar maupun satu baris warna, layaknya "perdana menteri" yang kesemuanya musuh.
Silahkan di coba dulu, dan hitung waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikan tantangan ini (bagi yang baru pertama kali mencoba). Lalu bandingkan dengan waktu yang dibutuhkan teman anda untuk menyelesaikannnya.. dengan demikian anda akan dapat mengukur kemampuan motorik otak anda dibanding teman-teman anda..
Untuk yang masih bingung, jangan khawatir. Ane sediain contekannya gan.. silahkan di-intip, tapi jangan lama-lama, tar nagih. heuheuheu..
Intip Hasilnya:



Semoga bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi dalam permainan catur anda yang monoton. "Karena Main Catur yang Saling Makan (Bunuh-bunuhan) itu Terlalu Mainstream"
Share on :
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...