Tuesday 14 May 2013

Avanza ibarat Siput Jalanan.. serta Beberapa Mobil Kembar di Indonesia

http://edisi.harian.detik.com/?xml=Pagi&iid=77113#folio=14
Pernah dengar dongeng lomba lari kancil versus siput? Kenapa dalam lomba lari tersebut kancil yang lebih besar bisa dikalahkan oleh siput si hewan mungil yang notabene jalannya saja sangat lambat.? Karena sombong.?? (Tapi maaf di sini tidak akan dibahas tentang pesan moral dari dongeng yang biasa didoktrinkan ke anak-anak. tapi lebih pada menganalisa hal sepele yang mungkin sering terabaikan..)
Nah, dari pertanyaan tersebut coba kita analogikan dengan fenomena sekarang di jalan raya, dengan catatan faktor "kemacetan" kita abaikan. Kita misalkan kancil adalah mobil kategori super cepat saat  ini "Lamborghini" dan siput kita misalkan sebagai "Avanza" yang kecepatannya standar, Kira-kira menangan yang mana? Ya jelas menang avanza lah.. koq bisa?
Mari kita tarik benang merah kenapa siput bisa menang lawan kancil dalam lomba lari, tak lain jawabnya karena siput jumlahnya jauh lebih banyak, kancil cuma sendiri.
Seperti dikutip dari oto.detik.com: "Sejak pertama kali diluncurkan pada Januari 2004 lalu, mobil MPV Toyota Avanza sudah terjual 1.133.203 per bulan Mei kemarin." Bayangin aja, ketika ketemu di jalanan lalu kita ingin ngedahului pasti gak bisa. Sekali kita salip, eh dia udah ada di depan kita. Kita salip lagi, ternyata udah ada di depan lagi. Nyoba nyari jalan pintas, ketemu dia lagi di depan. bener-bener nih, avanza udah mirip siput aja.., ada di sepanjang trek yang kita lalui.
***
Berdasarkan logika di atas, fenomena mirip/serupa/kembar bisa dijadikan kelebihan (dalam hal ini strategi bisnis). Sehingga bagi mereka, segelintir orang yang menginginkan kesuksesan dan mau berinovasi memunculkan pertanyaan "mengapa bisa ada banyak di pasaran?" Dan entah sengaja atau tidak, faktanya, muncul produk-produk yang ternyata memiliki tingkat persamaan yang hampir identik, sedikit sulit dibedakan jika dilihat sekilas secara fisik luar saja apalagi saat lewat di jalanan. Dengan harapan, produk baru tersebut mampu mengimbangi pasar sebagai kompetitor atas produk yang terlebih dahulu dikeluarkan oleh produsen lain (inspirator) dan telah sukses.
Selain jenis-jenis mobil yang ada pada gambar di atas, di bawah ini adalah beberapa mobil dalam tanda petik kembar, dengan pabrikan yang berbeda dan beredar di Indonesia. dikutip dari http://www.otosia.com/berita/10-mobil-kembar-identik.html
  1. Scion FR-S/Subaru BRZ
  2. Toyota Avanza/Daihatsu Xenia
  3. Toyota Rush/Daihatsu Terios
  4. Suzuki APV/Mitsubishi Maven
  5. Toyota Agya/Daihatsu Ayla
  6. Chevrolet Trooper/Isuzu Panther
  7. Mitsubishi L300/Isuzu Bison
  8. Toyota Matrix/Pontiac Vibe
  9. Isuzu Oasis/Honda Odyssey
  10. Isuzu Rodeo/Honda Passport
  11. Saab 9-7x/Chevrolet Trailblazer
  12. Buick Regal/Opel Insignia
  13. Suzuki Equator/Nissan Frontier
  14. Audi A4/Volkswagen Passat
Dari jenis-jenis mobil di atas, kira-kira mana yang menjadi pilihan anda? Pastinya, tentukan sesuai spec kebutuhan dan kondisi keuangan anda ya gan.. jangan cuma ngikut trend ato gaya-gayaan doank, tapi fikirin asas manfaatnya juga. Sekian.


Share on :
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...